14 Februari 2008

TRI KAYA PARISUDHA

Masyarakat Bali memang tak pernah terlepas dari bayang-bayang agama Hindu. Begitu menyatu dan membaur. Demikian pula dalam cara berpikirnya. Salah satu landasan berpikir dan berperilaku, yaitu : Tri Kaya Parisudha. Tri Kaya Parisudha berarti : tiga landasan dalam bertingkah laku. Tri Kaya Parisudha terdiri dari :
- Berpikir yang baik
- Berkata yang baik
- Bertingkah laku yang baik
Filosofi ini mengajarkan kepada masyarakat Bali untuk : satu pikiran, perkataan dan perbuatan.
Sebenarnya, meski filosofi ini sudah tercipta lama sekali, tapi masih relevan dengan kehidupan masyarakat Bali modern. Filosofi masih tetap dipakai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali, sebagai pedoman dalam bertingkah laku.
Kalau dicari-cari, filosofi ini sangat universal. Seperti dalam dunia Barat, dikenal istilah :integrity, commitment. Kalau dilihat dari makna yang tersurat di dalam kedua kata ini, samalah dengan konsep Tri Kaya Parisudha itu.
Masyarakat Bali, secara umum tetap mengusung tradisi dan akar agama Hindu. Hal inilah yang kemudian membentuk warna dan ciri khas budaya Bali. Tri Kaya Parisudha, sebagai salah satu konsep berpikir, kemudian juga memberi kontribusi terhadap identitas budaya Bali itu sendiri.

Tidak ada komentar: